-->

Cara Gampang Jual Domain di Sedo.com

- 1:32 PM
Hallo sobat belipintar.com! Kali ini yang mau gue kasih tahu bukan tentang cara membeli domain, tetapi cara menjual domain.

Sedo.com merupakan website marketplace untuk jual beli domain. Ada berbagai macam nama domain yang tersedia di sini. Jika ada nama domain yang menarik hati lo, tentu lo bisa membelinya dengan mudah.

Selain beli domain, lo juga bisa menjual domain di website ini. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Sedo.com biasa kita jadikan sumber penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan jual domain.


Peluang domain lo bisa laku terjual menjadi jauh lebih besar jika menggunakan Sedo.com. Bahkan, website ini dikenal sebagai salah satu marketplace domain terbaik hingga sekarang. Cara jual domain di Sedo.com sebenarnya cukup mudah. lo hanya perlu memiliki akun terlebih dahulu (dan domain yang ingin dijual, pastinya) untuk dapat mulai berjualan.

Apa yang Lo Butuhkan?

  • Akses ke panel domain yang akan dijual
  • Rekening bank atau akun PayPal

Berikut ini adalah langkah cara jual domain di Sedo

Langkah 1: Buat Akun Baru di Sedo

1. Silakan akses Sedo.com untuk membuat akun baru. Kemudian, klik tombol Register yang berada di bagian kanan atas.


2. Isi detail akun berupa Username, email, dan password. Kemudian, klik tombol Save and continue.


3. Selanjutnya pada bagian Set up account silakan isi dengan lengkap nama, alamat, negara, nomor telepon, dan bahasa. Jangan lupa centang pada bagian I have read and accepted the General Terms and Conditions.


4. Setelah detail akun terisi lengkap, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya dengan menekan tombol Create account. Jangan lupa beri tanda centang pada kolom verifikasi CAPTCHA.


Langkah 2: Aktivasi Akun

1. Silakan aktivasi akun lo dengan melakukan konfirmasi melalui link yang dikirimkan ke alamat email yang lo pake saat mendaftar.

2. Setelah lo melakukan konfirmasi, akun lo akan segera aktif. Lakukan sertifikasi dengan menekan tombol Trade Domains.


Langkah 3: Lakukan Sertifikasi

Sertifikasi diperlukan untuk melakukan penawaran domain melalui Sedo dan menerima pembayaran dari domain yang lo parkir di Sedo.

Pada bagian halaman sertifikasi di member area, lo akan melihat beberapa jenis sertifikasi yang salah satunya bisa lo pilih. Silakan tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan lo. Untuk pemula atau member baru yang berencana menghabiskan dana kurang dari $10.000 pada pelelangan domain, standar sertifikasi adalah pilihan terbaik.

1. Setelah lo menentukan pilihan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, silakan tekan tombol Proceed berwarna hijau. Dalam contoh ini adalah Standard Certification.


2. Terdapat dua metode untuk melakukan sertifikasi. Silakan pilih sertifikasi menggunakan telepon (kami merekomendasikan pilihan ini) dan silakan klik tombol Certify now.


3. Pilih nomor telepon untuk menerima panggilan dan klik Call me Now.


4. Silakan tunggu panggilan telepon dari Sedo untuk menerima kode verifikasi. Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia. Jika verifikasi berhasil, lo akan melihat gambar di bawah ini.


Langkah 4: Tambahkan Domain ke Akun Lo

1. Selanjutnya lo dapat menambahkan domain. Silakan klik add your domains.


2. Silakan masukkan nama domain yang akan dijual atau diparkir. lo bisa memasukkan hingga 200 nama domain di sini. Jika terdapat lebih dari 200 nama domain, lo bisa mengunggah file berformat Excel. Setelah nama domain lo masukkan, silakan tekan tombol Go to Step 2. Jangan lupa mencentang bagian persetujuan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Langkah 5: Tentukan Harga Jual Domain

1. Pada langkah ini lo dapat menentukan harga domain (dapat menggunakan harga yang disarankan), mata uang, serta jenis penawaran (Buy Now, Make Offer, Not for sale). Setelah lo selesai menentukannya, sebelum melanjutkan ke Step 3, silakan lengkapi rincian pembayaran terlebih dahulu.


2. Untuk melengkapi detail pembayaran lo, silakan pilih profile lo yang berada di pojok kanan atas, kemudian buka My Account di tab baru dan klik tab Payment Details.


3. Lo dapat menggunakan PayPal maupun wire transfer untuk jenis pembayarannya. Jika lo tidak memiliki PayPal, silakan gunakan metode wire transfer dengan mengisi rincian rekening bank yang lo gunakan.


4. Setelah diisi, silakan tekan tombol Update dan lakukan konfirmasi dengan klik link yang dikirimkan melalui email lo.

Langkah 6: Aktifkan SedoMLS Premium

Silakan lanjutkan dengan menekan tombol Go to Step 3 untuk lanjutan dari langkah 5 sebelumnya. Silakan pilih registrar domain lo dan pilih Yes pada bagian Activate SedoMLS Premium. Jangan lupa beri tanda centang pada bagian I confirm that I have read and fully agree to the SedoMLS Premium Terms of Use. Setelah itu, klik tombol Finish Adding Domains.


Langkah 7: Verifikasi Kepemilikan Domain

1. Silakan lakukan verifikasi kepemilikan domain lo dengan cara klik tautan self-verification service.


2. Terdapat dua pilihan verifikasi domain, yaitu dengan menambahkan personal ID melalui TXT Record dan CNAME di domain lo.


3. Pada bagian ini seharusnya lo telah berhasil memasang domain di Sedo. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu penawaran yang masuk pada domain lo.

Demikian Cara Gampang Jual Domain di Sedo.com. Semoga tutorial ini dapat membantu lo yang ingin memulai bisnis domain. Dengan menjual nama domain di Sedo, domain lo memiliki kesempatan diketahui lebih banyak pembeli dan kesempatan untuk terjual lebih besar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search