-->

Begini Cara Beli Emas di Kantor Pegadaian

- 2:13 AM
Banyaknya orang yang tertarik untuk berinvestasi emas, mengakibatkan banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini. Banyak sekali penipuan yang bisa terjadi jika anda tidak berhati-hati ketika memulai investasi emas.

Untuk itu, akan lebih baik jika membeli emas di tempat yang aman dan terpercaya, salah satunya yaitu di Kantor Pegadaian. Bahkan anda dapat memilih emas yang bersertifikat antam di kantor Pegadaian. Lalu bagaimana cara membeli emas di kantor pegadaian? Nah berikut ini penjelasannya.

Untuk mendapatkan emas di kantor pegadaian, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Setiap cara ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tabungan Emas

Program keluaran dari PT. Pegadaian ini memang ditujukan bagi masyarakat yang ingin berinevstasi emas namun dengan harga pembelian yang terjangkau. Untuk sistemnya yaitu berupa titipan dengan jangka waktu yang bisa ditentukan. Beberapa macam keunggulan dari tabungan emas ini adalah:
  • Anda bisa mendapatkan emas dengan harga yang terjangkau, minimal dari berate mas sekitar 0,01 gram.
  • Investasi yang aman, karena emas akan tersimpan aman di kantor pegadaian.
  • Mudah untuk dicairkan.
Bagi yang tertarik untuk membeli emas dengan cara tabungan emas, berikut ini prosuder yang bisa diikuti.
  • Untuk membuka tabungan emas tentunya anda harus mendatangi kantor pegadaian.
  • Jangan lupa siapkan fotokopi data diri seperti KTP/SIM/Passpor.
  • Isi formulir yang tersedia dengan data diri yang lengkap. Lalu anda akan diminta untuk membayar biaya administrasi sebesar 10 ribu rupiah dan biaya penitipan selama satu tahun sebesar 30 ribu rupiah.
  • Untuk membuka rekening, anda hanya perlu membeli minimal 0,01 gram emas.
  • Anda bisa mencairkan emas bila sudah sebesar 1 gram.
  • Bila ingin memiliki emas batangan secara fisik, anda dapat melakukan order cetak dengan beragam pilihan seperti 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram.
Program Mulia

Program ini ditujukan untuk melayani masyarakat yang ingin membeli emas secara tunai maupun angsuran. Prosesnya pun sangat mudah dan waktunya juga terbilang fleksibel. Program ini akan cocok untuk anda yang menginginkan investasi emas jangka panjang.

Untuk program ini, tersedia pilihan emas dari berat 5 gram hingga 1 kilogram. Untuk pembeliannya nya pun bisa dilakukan secara tunai, angsuran, secara kelompok, serta arisan. Nah berikut ini beberapa aturan yang diterapkan yang pada program mulia.
  • Bila ingin membeli secara tunai, anda cukup mendatangi kantor pegadaian dengan membayar biaya sejumlah berat emas yang anda pilih.
  • Bila ingin membeli secara mengangsur, anda dapat menentukan sendiri pola pembayaran. Jangka waktu angsuran dapat dimulai dari 3 bulan hingga 3 tahun.
  • Untuk pembelian secara kolektif, anda dapat mengangsur hingga 36 bulan dengan jumlah minimal 6 orang.
  • Untuk pembelian secara arisan, jangka waktu angsuran dapat disesuaikan dengan jumlah anggota yang ada.
  • Untuk uang muka dengan pembayaran mengangsur bagi pribadi sekitar 15%, untuk kolektif sekitar 10%, dan untuk arisan bisa mulai dari 10-15%.
  • Untuk pengambilan emas dapat dilakukan setelah lunas bagi umum dan kolektif. Sedangkan untuk arisan akan didapatkan satu keping setiap bulannya.
  • Untuk biaya administrasi mulai dari 50 ribu untuk semua jenis pembelian.
Sebelum membeli emas di pegadaian, akan lebih baik jika anda mengetahui harga emas terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi kantor-kantor pegadaian yang berada di daerah asal. Selanjutnya anda bisa menuju ke loket untuk melakukan pembelian emas.

Biasanya anda akan diminta untuk mengisi formulir sesuai data diri. Setelah melakukan pembelian emas, sebaiknya cek kembali sertifikat dari keaslian emas itu serta bukti pembelian. Simpan dengan benar barang-barang ini karena akan sangat diperlukan pada saat anda akan menjual emas tersebut.

Pegadaian Punya Keunggulan dan Kekurangan

Semua program pembelian emas yang ditawarkan di pegadaian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun semuanya tetap dapat memberikan anda keuntungan untuk investasi jangka panjang. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki.

1 comments:

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search